Masyarakat Banyunganti Sukses Bedah RTLH

Bupati Kulonprogo ikut langsung dalam kerjabhakti bedah rumah tak layak huni (RTLH) di Banyunganti, Sentolo
Bupati Kulonprogo ikut langsung dalam kerjabhakti bedah rumah tak layak huni (RTLH) di Banyunganti, Sentolo

KULONPROGO – Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo melaksanakan bedah rumah di Dusun Banyunganti Kidul, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, siang tadi. Mereka melakukan bedah rumah milik Mujiono yang kondisi rumah tidak layak huni.

Aksi bedah rumah ini dilakukan warga dengan mengajukan proposal kepada pemerintah kabupaten. Rumah yang kondisinya memprihatikan ini dihuni Mujiono, yang memiliki 4 orang anak. Rumah inipun dibedah oleh warga yang melakukan kerja bhakti.

Sekitar 45 orang menjadi tukang dan laden untuk membangun rumahnya, terbagi dalam 2 shift. Tak hanya itu, masyarakat juga membantu dalam dalam bentuk makanan bagi pekerja. Hingga akhirnya mampu melakukan swadaya yang terkumpul mencapai Rp 13,5 juta.

Menurut Hasto, ada pelajaran menarik yang bisa dipetik dari bedah rumah kali ini. Masyarakat sekitar memiliki hati yang sangat baik, karena tidak merasa iri/dengki ketika melihat rumah tetangganya menjadi lebih baik.

“Inti gotong royong adalah mewujudkan golong gilig memiliki rasa handarbeni dan rasa kekeluargaan,”jelas bupati.

Bantuan bedah rumah di rumah Keluarga Mujiono berasal dari karyawan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika sejumlah Rp 10 juta, Bazcam Sentolo dan Pemerintah Desa Kaliagung.

Selain di Banyunganti, bedah rumah hari itu juga dilaksanakan di Dusun Blumbang, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, yaitu di rumah keluarga Jemingan. Yang menarik dari bedah rumah di sini adalah jumlah swadaya masyarakat yang mencapai Rp 25 juta. Bantuan tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk material bangunan.

Bantuan untuk bedah rumah keluarga Jemingan berasal dari Forum CSR perusahaan-perusahaan yang ada di Kulon Progo, penyerahan diwakili olrh ketua Forum CSR, Jumantoro, Direktur PDAM Tirta Binangun. Bantuan juga diberikan oleh Bazcam Pengasih. Kepada masyarakat sekitar Bazcam Pengasih juga memberikan ayam (babonisasi) kepada 5 orang.

“Harapn kita tidak hanya rumahnya yang sehat, tetapi juga bisa mendorong untuk lebih produktif,” kata Jumantoro (dys)

 

Please follow and like us:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *